Showing posts with label Motivasi. Show all posts
Showing posts with label Motivasi. Show all posts

3 Misteri Kematian

08:48 5 Comments
3 Misteri Kematian

3 Misteri Kematian. Maut adalah hak prerogatifnya Allah, tidak satu makhluqpun yang mampu mengetahui kapan maut akan menghampiri. Kematian akan selalu menjadi misteri sampai hari kiamat tiba, dimana terdapat 3 misteri yang perlu kita ketahui :

Pertama : Misteri Sebab
Sebabnya datang maut itu tidak kenal, siapa, apa dan bagaimana orang tersebut, belum tentu orang yang kesehariannya bekerja sebagai supir akan meninggal di jalan raya, seperti : tabrakan atau kecelakaan lainnya, melainkan bisa dalam keadaan terbang di pesawat ataupun berada di atas kapal, itu semua bisa terjadi atas kehendak Allah SWT.

Kedua: Misteri Waktu
Sering kita lihat tua ataupun muda, bukanlah ukuran maut akan menjemput, bahkan bayi yang baru saja lahirpun bisa saja Allah mengambil nyawanya kembali, pagi, siang ataupun malam maut pasti akan datang menjemput.

Ketiga: Misteri Tempat
Dimanapun kita bersembunyi, bahkan sampai di lubang yang paling kecil pun kita bersembunyi maut tidak akan pernah pilih-pilih tempat untuk menjemput kita, tidak peduli kita lagi di rumah, pasar, kantor, rumah sakit ataupun masjid malaikat akan mendatangi kita sesuai yang sudah ditentukan.

Ketika ajal datang menjemput, maka sedetikpun kita tidak dapat meminta penundaaa atau percepatan. Dan orang yang paling cerdas adalah bukan orang yang berpendidikan tinggi, nilai IQ tinggi, melainkan yang paling cerdas adalah orang yang selalu ingat KEMATIAN, karena sesungguhnya yang paling dekat dengan kita adalah MAUT.

Yang Terlupakan Dalam Dunia Pendidikan

10:53 5 Comments
Yang Terlupakan Dalam Dunia Pendidikan

Pendidikan adalah Investasi Jangka Panjang. siapapun orangnya pasti ingin mendapatkan pendidikan yang tinggi dan layak, meskipun harus mengeluarkan biaya yang banyak, karena sejauh ini orang yang berpendidikan tinggi akan menuai hasil serta kehidupan yang mapan.Tapi tidak menutup kemungkinan orang berpendidikan rendah hidupnya juga rendah, karena keberhasilan tidak melihat dari tingkat pendidikan, melainkan dari usaha dan proses menuju keberhasil tersebut.

Beberapa hari yang lalu saya mendapatkan nasehat dari guru saya tentang dunia pendidikan, dan itu membuat saya terenyuh, nasehat yang singkat tapi sangat dalam maknannya, berikut nasehat singkat dari guru saya terkait dunia pendidikan :

"Dunia pendidikan sekarang hanya bisa mengajarkan para siswanya berpakaian rapih, setelah itu mereka diajarkan untuk bertutur kata yang lantang dan tegas. Akan tetapi, dunia pendidikan sekarang tidak bisa mengajarkan para siswanya untuk menangis (mengingat Allah)"

Dari nasehat singkat itu, saya sadar betapa pentingnya berpakaian rapih, bertutur kata yang lantang dan tegas, karena ini sangat baik dan berguna untuk masa depan siswa, tapi mengingat Allah pun jangan sampai terlewatkan, agar hubungan antara makhluq dengan Sang Pencipta semakin dekat.

Kita liat orang-orang di sekitar, dengan mudah dan ringan sekali berbuat kejelekan, itu adalah sebab hubungan dengan Allah sangatlah jauh, sehingga ringan sekali sekan tanpa beban hidup ketika akan berbuat kejelekan, bertingkah yang tidak etis, perkataan-perkataan yang tidak pantas terucap dari lidah seorang yang beriman.

Semoga Allah senantiasa memberikan petunjuk jalan yang di Ridhoi, serta pelundungan untuk kita semua. Aamiin ... Allahumma Aamiin ...

Menangis

13:36 62 Comments
menangis

Menangis adalah respon yang biasa orang rasakan setelah mengalami beberapa aktivitas, seperti gejolak emosi dari rasa sedih, kesakitan atau disaat seseorang itu sedang merasakan kebahagiaan. Reaksi menangis ini sebenarnya tidak mudah dibuat-buat, karena pada saat menangis secara otomatis akan mengalir dengan sendirinya.

Sebagian dari kita mungkin merasa malu ketika sedang menangis, apalagi kalo menangis di depan umum, katanya nanti dibilang CENGENG. Padahal menangis itu banyak manfaatnya, berikut manfaat menangis yang saya ketahui :

  1. Membantu penglihatan mata
  2. Membunuh bakteri yang bersarang pada mata
  3. Meningkatkan Mood
  4. Mengeluarkan racun
  5. Mengurangi Stress
  6. Membangun Komunitas
  7. Melegakan Perasaan
Banyak kan manfaat dari menangis? jadi sekarang nggak perlu lagi malu karena menangis, ^_^ kalau selama hidup belum pernah menangis patut dipertanyaakan jalur kehidupannya ^_^. So, Menangislah sebelum Anda ditangisi T_T

Rasulullah SAW bersabda "Ada dua buah mata mata yang tidak akan tersentuh api neraka, mata yang menangis karena merasa takut kepada Allah, dan mata yang berjaga-jaga dimalam hari yang menjaga pertahanan kaum muslim dijalan Allah" (HR. Tirmidzi)

Memuliakan Tamu

04:38 38 Comments
Memuliakan Tamu
Memuliakan Tamu. Satu dari beberapa ciri orang-orang yang beriman adalah senang berbuat kebaikan, berbubuat baik dengan niat ibadah karena Allah.

Memuliakan tamu adalah bentuk implikasi kita beriman kepada Allah. "siapa yang beriman kepada Allah maka muliakanlah tamu". Belajar dari guru saya Rohimahullahu ta'ala, beliau adalah seorang ulama yang tergolong 'arif dan bijaksana, dengan berpedoman pada sebuah hadits tersebut, beliau selalu mengistimewakan setiap tamunya dengan jamuan yang spesial, tempat yang nyaman serta sambutan yang meriah. (Baca : Tiga Cara Memberi Jamuan Yang Baik Pada Tamu )

Terlebih setiap tamu yang datang dari negeri arab, semua santrinya diminta untuk menyambutnya mulai dari pintu gerbang hingga ke tempat pertemuan dengan berdiri membuat barisan serta iring-iringan sholawat yang dilantunkan para santri. Selama saya belajar ditempat beliau tidak pernah satu kali pun tamunya di perlakukan secara biasa-biasa saja.

Inilah satu contoh serta teladan untuk kita, yaitu semakin tinggi tingkat keimanan seseorang maka segala amal perbuatan yang dilakukannya adalah hanya karena Allah semata, ilmu yang dimilikinya juga tidak hanya bermanfaat bagi diri kita sendiri, melainkan bermanfaat untuk orang lain. Orang-orang yang demkian akan selalu mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

So, Kalau kita kedatangan tamu, jangan sampai dikacangin yah, perlakukan mereka dengan baik dan sopan, hidangkan dengan hidangan yang layak dan terbaik untuk mereka.

Sekian
Semoga Bermanfaat
Salam Santun Buat sahabat semuanya. ^_^

3 Sifat Penyebab di Jauhi Orang Lain

07:31 82 Comments
3 Sifat Penyebab di Jauhi Orang Lain

3 Hal Penyebab di Jauhi Orang Lain. Manusia tidak akan bisa hidup seorang diri, karena manusia adalah makluq sosial, yang saling mebutuhkan satu sama lain dan saling melengkapi, namun apa jadinya jika orang-orang di sekeliling kita mulai menjauhi kita? Tiga Golongan Manusia Haram Masuk Syurga

Tidak jarang hujan turun tanpa adanya mendung, dan tidak sedikit pula pohon jatuh tanpa ada penyebabnya. Oleh karena itu apa yang sudah kita lakukakan yang menjadikan kita dijauhi orang lain, berikut 3 hal yang menyebabkn dijauhi sama orang lain :

Pertama : Keras Kepala
Orang yang type seperti ini biasanya mau menang sendiri, berpendirian tetap, sayangnya pendirian yang tetap ini terkadang tidak menghiraukan pendapat orang lain, makanya orang bilang inginnya menang sendiri.

Kedua : Keras Hati
Untuk yang kedua ini hampir sama dengan yang pertama, bedanya hanya kemuan yang kuat dan tidak kuat, biasanya kalau keras hati punya kemauan kuat dengan bantahannya dengan maksud dan tujuan sendiri, tapi keduanya sama-sama ingin menang sendiri.

Ketiga : Keras Tangan
Untuk yang satu ini, biasanya suka dengan kekerasan, ketika sedang di hadapkan dengan masalah selalu berujung kekerasan karena tidak bisa mengontrol emosi dalam dirinya.

Itulah 3 sifat yang menyebabkan kita dijauhi sama orang lain, tentunya masih banyak juga penyebab kita dijauhi sama teman, sahabat, atau siapapun orangnya yang sudah sahabat ketahui. Untuk selalu berintrospeksi diri akan membantu agar menjadi pribadi yang lebih anggun dan bijaksana.

Adab dan Ilmu, Manakah Yang di Dahulukan?

09:24 59 Comments
bersamadakwah.net

Seklumit kisah dari Imam Malik Rahimahullah :

"Suatu hari beliau berkata kepada sang ibunda :"Aku akan pergi untuk belajar". Kemudian ibunya berkata :"Kemarilah nak ..!!! Pakailah pakaian ilmu". Lalu ibunya memakaikan beliau sebuah mismarah (jenis pakaian) dan meletakkan peci di kepala beliau, kemudian memakaikan sorban diatas peci tersebut.

Setalah itu ibunya berpesan kepada beliau : "Sekarang pergilah untuk belajar, ibunya juga pernah mengatakan :"Pergilah kepadan Rabia'ah (guru Imam Malik), pelajarilah adabnya, sebelum engkau pelajari ilmunya". ('audatul hijaab 2/207, Muhammad Ahmad Almuqoddam, Dar Ibul Jauzi, Kairo, cet. ke-1, 1426 H, Asy-Syamilah).

Dari cuplikan kisah diatas, perkara yang diingatkan untuk beliau Imam Malik dalam menuntut ilmu adalah pelajari dulu adabnya baru ilmunya, mengapa demkian? seberapa besar pengaruhnya sehingga didahulukan untuk mempelajari adab?

Menuntut ilmu memang ibadah dan kewajiban, tapi kalau akhlaq tidak baik, sebanyak apapun ilmu yang kita punya, maka ilmu tersebut tidak ada faedah (manfaat) sama sekali. setelah itu seorang murid akan tahu adab ketika sedang menutut ilmu, baik kepada guru ataupun kepada ilmu tersebut.

Sekian
Semoga Bermanfaat

Tips Mendapatkan Ketenangan Hati dan Pikiran

05:06 32 Comments
Tips Mendapatkan Ketenangan Hati dan Pikiran

Tips Mendapatkan Ketengan Hati dan Pikiran. Berbagai macam perkara dunia terkadang membuat kita gelidah, tidak tenang bahkan bisa mengakibatkan stress. Terlebih buat mereka yang padat akan aktivitas, ada saatnya pikiran dan hati harus di refresh, harus di berikan daya tambahan untuk mengatasi segela macam tantanga di dunia. (baca : Hidup Matiku Bersama Al-Qur'an )

Jalan-jalan diakhir pekan itu sudah pasti sangat banyak diminati, karena jalan-jalan bisa mengirup suasana yang berbeda, setelah sepekan beraktivitas.

Tapi, bukan hanya itu saja, hati dan pikiran juga butuh asupan energi lainnya, apalagi buat kita yang sedang dilanda rasa gundah gulana, atau mungkin stress, sehingga belum cukup kalau hanya jalan-jalan.

Untuk mendapatkan ketenangan hati dan pikiran adalah dengan kita membaca Al-qur'an dan sholat pada sepertiga malam. "ketahuilah dengan berdzikir (mengingat) Allah maka hati akan mejadi tenang". Terkadang banyak orang yang bertanya kenapa sudah sholat dan baca al-qur'an tapi belum juga merasakan ketengan?

Perlu kita ketahui membaca al-qur'an dan sholat memang membuat kita tenang, tapi kalau niat kita membaca hanya untuk menghilangkan stress, kita akan menjadi stress kalau setelah kita melakukan tapi belum juga sembuh dari streesnya. inilah kebanyak orang yang akhirnya berpaling, sama halnya dengan pernytaan yang sholat dangan yang nggak kok hidupnya enakan yang nggak sholat, mereka banyak duit, bisa pergi kemana saja.

Luruskan niat kita ketika sholat dan membaca Al-qur'an, niatkanlah semata untuk beribadah kepada Allah, dan ikhlas dengan apa yang kita lakukan, sehingga manfaat dari tiap-tiap ayat Al-qur'an akan kita rasakan dalam hati dan pikiran kita.

Sekian
Semoga Bermanfaat

Jangan Salah Pilih

20:39 10 Comments
Jangan Salah Pilih

Dear Sahabat Choppie88 ...

Sudah menjadi ketentuan dan skrenario Allah Swt, bahwsanya hidup didunia tidak akan pernah lepas dari pilihan. Baik pilihan untuk pribadi ataupun umum. dimana kita harus mengambil satu pilihan dari beberapa pilihan. ( baca : Bersaing Secara Sehat ).

"Waktu tidak akan terulang kembali". untuk itu manfaatkan dan pikir masak-masak segala sesuatunya ketika kita dihadapakan dengan beberapa pilihan, agar apa yang sudah kita pilih sesuai dengan hati nurani kita sendiri, sebaliknya, jika kita mengabaikan dan meremehkan hal demikian, pasti penyesalan akan kita rasakan di kemudian hari.

Lantas, bagaimana ketika hati kita masih tetap saja bimbang, dan belum yakin?

"Alaa bidzikrillah tathmainnulquluub" ...

Beridzikirlah, ingat kepada Allah, sebut nama Allah, Tanamkan Allah dalam hati kita, Insya Allah hati kita akan merasakan ketenangan yang maha dahsyat.

Berdzikir, ingat kepada Allah banyak macam caranya. Yang sudah kita sering dengan ketika menghadapi beberapa pilihan adalah dengan sholat istikhoroh, berdoa dan memohon petunjuk kepada Allah, supaya diberi kemantapan hati.

Allah lagi, Allah, dan Allah lagi ... Insya Allah kita tidak akan salah pilih, jika kita libatkan Allah. Aamiin.

Sekian, semoga bermanfaat.

Bersaing Secara Sehat

22:50 38 Comments
Bersaing Secara Sehat

Persaingan akan selalu kita hadapi, mulai ketika kita masih kecil bersaing untuk mendapatkan rangking pertama, bersaing untuk meraih juara, bersaing untuk mendapatkan nilai yang baik, bersaing untuk dapat masuk ke perguruan tinggi, bahkan setelah kuliah pun tetap ada persaingan ketika kita masuk di perusahaan yang kita bekerja. (baca : 4 Level Diri Manusia )

Persaingan adalah bagian dari proses yang pasti kita jalani dalam kehidupan. Kita sering tidak menyadarai apa yang dilakukan setiap hari adalah bentuk dari persaingan, namun apakah cara yang dilakukan itu baik atau sebaliknya?

Bersaing secara sehat atau dengan kata lain bersaing dengan cara-cara yang baik dan benar, akan menambah nilai positif tersendiri bagi si pelakunya. Perlu kita ketahui manusia mempunya talenta dan bakat yang berbeda-beda, dan semua makhluq yang hidup itu saling membutuhkan, tentu dengan kondisi yang demikian akan sangat baik jika kita saling membantu dan melengkapi. Dengan itu kita akan semakin banyak teman dan semakin banyak pula teman yang ingin dekat dengan kita, tapi sebaliknya, kita akan kehilangan banyak teman, karena cara yang kita gunakan untuk bersaing tidak sehat.

Tanpa pesaing hidup kita tidak akan pernah berkembang, mau bukti coba kita jualan gado-gado di tengah hutan, adakah pembeli? ada sebangsa raja hutan dan orang hutan mungkin, hehe.

Oleh karena itu, jalani dan nikmati segala proses kehidupan yang kita hadapi,  agar kita dapat melewatinya dengan cara yang baik dan benar, dan yakinlah kebaikan akan selalu kabaikan pula.

Sekian dan Terima Kasih

Tiga Golongan Manusia Haram Masuk Syurga

22:13 30 Comments
source image : cintasunah.com

Tiga Golongan Manusia Haram Masuk Syurga. Semua yang didunia pada akhirnya akan lenyap seketika, tatkala malaikat israfil meniupkan terompet sangkakalanya. Bumi dan seisi alam jagat raya hancur lebur tak tersisa sedikitpun. Hingga pada akhirnya manusia akan mendapatkan apa yang telah mereka perbuat selama didunia. Dan hanya ada dua tempat yaitu Syurga dan Neraka. Syurga dan Neraka adalah hak prerogatif Allah untuk memasukan manusi kedalam dua termpat tersebut sesuai dengan amal ibadah mereka ketika di dunia.

Sahabat-sahabat saya yang dimuliakan Allah SWT, Rasulullah SAW berwasiat dalam sabdanya : "Ada tiga golongan mansia dimana Allah mengharamkan baginya syurga yaitu : Pecandu Khamr(minuman keras), Orang yang durhaka pada kedua orang tua dan orang yang membiarkan kemaksitan dalam keluarganya" (HR. Ibn Ahmad).

Dalam hal ini saya tidak akan menjabarkan scara detail tentang tiga perbuatan diatas. Secara global saya percaya anda sudah tahu ketiga typical perbuatan tersebut, hanya saja dulu pada zaman Rasul disebutkan khamr (minuman keras), sekarang sama halnya dengan narkoba dan sejenisnya.

Dalam kontesk hadist tersebut mereka-mereka yang melakukan tiga perkara diatas adalah sudah dipastikan akan Allah masukan kedalam neraka, jika sampai maut menjemput belum juga bertaubat. Jadi haram disini bukan berarti haram selamanya layaknya orang kafir dan musyrik. Karena Allah Maha penerima taubat.

Sahabat-sahabat saya yang berbahagia, tapi ini semua bukan berarti kita santai-santai saja untuk berbuat keburukan, karena taubat yang benar-benar taubat untuk orang yang terlanjur terjerumus adalah karena adanya hidayah dan pertolongan dari Allah. Dan mau itu bisa mendatangi kita siap atau pun tidak, dalam kondisi apapun maut akan tetap menghampiri kita. (Umur Manusia Hanya Allah Yang Tahu)

Semoga kita senantiasa dibawah rahmat dan kasih sayang-Nya. Aamiin ...

~Sekian~
"Semoga Bermanfaat"

Jangan Menyerah

07:08 32 Comments

Jangan Menyerah ...!!!, Karena tidak ada manusia yang terlahir sempurna.

Lika-liku kehidupan sering membuat kita merasakan berjuta warna dan rasa, sedih, susah, senang, geram, sumpek, dan lain sebagainya saya yakin tidak ada orang yang sampai saat ini alur kehidupannya tidak ada kelokan dan rintangan.

Sebuah kisah nyata perjuangan orang tua yang berhasil merawat dan mendidik anaknya, hingga ia tumbuh dengan semangat yang kuat walau beberapa penyakit memvonis kesehatan fisiknya. Yah ... dialah si kecil Viara Hikmatun Nisa. Dengan usianya yang masih belia, viara sudah beberapa kali melakukan operasi besar, hingga saat ini operasi besar yang viara jalan sebanyak 7 kali, dan operasi kecil sudah tidak terhitung berapa kali "ucap viara".

Tak terlihat kesedihan dimata viara tentang semua yang ia rasakan, terlebih ketika viara menyanyikan sebuah lagu dari d'masiv yang berjudul jangan menyerah, hati saya berasa terkoyak. Betapa semangatnya viara menjalani hidupnya dengan kondisi yang demekian. Terkadang kita saja dengan kondisi penyakit yang ringan saja terlalu banyak kalimat keluhan yang terucap. Subhanallah, luar biasa sekali perjuangan orang tuanya sehingga mereka mampu memotivasi putri kecilnya.

Kisah tersebut ditulis ayahandanya yang berjudul "GADIS KECILKU", dengan tujuan untuk menambah dana pengobatan putrinya. Jika sahabat ingin tahu lebih detail, silahkan beli di toko buku terdekat, palng tidak bisa ikut menyumbangkan dan untuk kesembuhan Viara Hikmatun Nisa.

Semoga Allah SWT segera mengangkat penyakitmu viara hikmatun nisa ... Aamiin Ya Mujibassailin.

*dokumen pribadi

Kekalahan Adalah Kemenangan Yang Tertunda

12:08 21 Comments

Kekalahan Adalah Kemenangan Yang Tertunda, sebuah kalimat yang sudah tak asing lagi kita dengar. Akan tetapi ketika melihat realita kehidupan yang sebenarnya tidak sedikit yang jatuh dan tidak sanggup untuk bangkit lagi.

Berbagai macam polemik dan tantangan dalam hidup terkadang bisa membuat kita semakin terpuruk manakala cara melewatinya tidak dengan hati-hati, sama seperti saat kita melewati jalanan penuh kerikil, berlubang dan bergelombang, kalau melewatinya dengan tidak hati-hati pasti ada hal buruk yang terjadi.

***

Bangkit dari kekalahan / kegagalan memang tidak semudah apa yang kita bayangkan, butuh konsekuensi dan usaha agar semangat kembali memuncak. Tapi bukan berarti "Hidup tak semudah kata-kata orang bijak loh ya". Statement tersebut kerap keluar dari mulut seseorang yang lagi dilanda kegalauan tingkat dewa. Kalau menurut saya Justru pernyataan seperti itu yang dijamin tidak akan membawa kita ke perubahan yang lebih baik.

Saya pribadi juga sering mengalami hal demkian. Satu contoh dulu pada saat pertama kali ikut lomba MTQ cabang tafsir qur'an tingkat kabupaten di Sulawesi, masih belum lolos masuk juara, hanya hanya berada di posisi juara harapan. Dan bebarapa rekan lainya saling memberi support "sudah tidak masalah, masih ada event berikutnya".

Lalu di di tahun berikutnya saya masih diberi kepercayaan untuk masuk dikategori yang sama, sempat sih menolak karena sebelumnya sudah pernah kalah, hehehe. Karena desakan panitia dan pihak lainnya, tiba-tiba saja ada kiriman baju batik pertanda saya sudah fix diikutsertakan dalam Lomba MTQ tingkat kabupaten. Sempat kaget dan mencoba saya tolak, tapi si panitia terus saja memberi desakan. Mau nggak mau ya harus saya terima.

Dengan rang waktu yang sempit, saya mencoba mempersiapkan segala sesuatunya, soalnya ini lomba lumayan berat, hehehe. Belajar dari kekalahan sebelumnya dan mencoba percaya diri akhirnya membuahkan hasil juga, dan masuk dalam urutan pertama (juara 1 cabang tafsir qur'an). Alhamdulillah, ini adalah aplikasi dari Kekalahan Adalah Kemenangan Yang Tertunda.

Apa yang kita ucapkan itulah langkah awal keberanian untuk melangkah, karena itu adalah sugesti untuk diri kita sendiri yang kemudian akan diserap oleh otak dan pikiran kita.

~Semoga Bermanfaat~
Salam Sukses Mulia

Ketidakpuasan Manusia

22:52 29 Comments
source image : bramardianto.com

Tidak puas itu sifat manusia yang semua orang pasti memilikinya. Ketidak puasan seseorang terkadang menjadi pemicu untuk penyemanat, manakala rasa ketidak puasan tersebut diposisikan pada zona yang tepat.

Seseorang yang sudah merasa puas boleh dikatakan tidak akan bertambah pors pengalaman dan mungkin menambah sesuatu yang lebih baik lagi. Tapi sekali lagi jika satu sifat ini kita posisikan pada zona yang sesuai. Seperti kita tidak puas dengan hasil evaluasi ujian, dan selanjutnya punya tekad dan semangat belajar yang tinggi untuk mendapatkan hasil yang lebih memuaskan. Dalam islam bisa kita katakan "Fastabiqul Khoirot" berlomba-lombalah dalam kebaikan, terus jangan pernah puas dalam berbuat baik, karena itu adalah bekal untuk hidup di akhirat kelak.

Berbeda dengan ketidak puasan yang satu ini, mungkin anda semua bisa menyimpulkan setelah akhir tulisan ini :
 
Seseorang yang tak berhenti dan tidak pernah puas mencari pasangan hidupnya, karena ia mencari seseorang yang sesuai dengan kriterianya. Setelah ia mendapatkan kriteria yang yang diinginkan, di sisi lain ia melihat seseorang yang lebih dari sebelumnya, bahkan lebih dan lebih melampaui batas yang ia targetkan.
 
sudah barang tentu jika ada yang lebih bagus yang lama (sebelumnya ia tinggalkan). Terus dan terus ia lakukan berulang kali meninggalkan yang lama dan mendapatkan yang baru, hingga pada akhrnya dia mendapatkan sebuah kalimat yang terpajang disudut ruagan, bertuliskan "Anda adalah termasuk orang-orang yang tak pandai bersyukur dengan apa yang telah didapatkan".
 
Ia sadar atas semua yang yang telah dilakukannya, rasa ingin balik kebelakang, namun sayang semua pasangan yang sebelumnya telah ditinggalkan sudah mendpatkan jodohnya.

Pada hakikatnya berdasarkan dua kontesk diatas jika kesemuanya dibarengi dengan kesyukuran, niscaya Allah SWT tidak akan membuat hambanya sengsara yang selalu bersyukur.

Ketidak puasan yang tidak dibarengi rasa syukur akan menjadikan kita lalai dan terbuai akan keindaha dan kemegahan dunia. Begitupun sebaliknya, ketidakpuasan yang dibarengin dengan rasa syukur maka ia akan selalu ingat bahwa semua yang didapatkannya tidak terlepas dari campur tangan Sang Kholiq, sehingga berbahagialah orang-orang yang selalu bersyukur karena Allah akan angkat derajat hambanya yang senantiasa bersykur.

~Semoga Bermanfaat~

Kekuatan Kata-kata

20:47 9 Comments

Besar pengaruhnya ucapan dan kalimta yang diutarakan bukan berdasarkan jumlah banyaknya karakter dalam penulisan, terkadang ada satu kata yang itu sangat berarti buat keberhasilan kita, dan kadang banyaknya karakter tetapi tak ada isininya alias kosong.

Dalam kesempatan ini, tidak panjang lebar dulu saya buat tulisan, habis liburan jadi agak mandeg gitu deh, Tapi tetap semangat kok, apalgi kalau sudah mampir ketempat tetangga yang sebelah situ tuh, jadi tambah seger deh ih. Hahaha. 

Beikut ada cuplikan video yang sudah lama tersebar di sosmed, mungkin anda juga pernah melihat sebelumnya, durasinya pendek, tapi isinya super dahsyat. yang tidak tonton video ini rugi deh ...hehehe.

Karena durasi video sangat pendek, silahkan di resapi dulu ... :)



Selamat Jalan Sang Inspirator Pendidikan

05:18 42 Comments
source image : kompasiana.com

Indonesia kembali kehilangan sosok yang sangat inspiratif, pantang meyerah walau dengan keterbatasan fisik yang tidak memungkinkan.

Ibu Een Sukaesih telah mengembuskan nafas terakhirnya jum'at sore kemarin (12-12-14) setelah beberapa hari di rawat di rumah sakit karena penyakit yang ia derita. Selama bertahun-tahun Ibu Een hidup dalam keterbatasan dan penyakit yang di deritanya.

Ibu Een Sukaesih adalah inspirator dalam bidang pendidikan, keterbatasan fisik tidak membuatnya putus harapan, ia tetap punya tekad yang kuat untuk mencerdaskan anak bangsa. Kata-kata bijaknya selalu membuat hati pendengarnya terenyuh, hingga tidak bisa ditutupi bahwa air mata ini tidak dapat di bendung lagi.

Tidak sedikit orang yang sukses dalam pendidikannya berkat didikannya. Perjuangannya, semangatnya, kasih sayangnga sama semua anak didiknya patut kita ikuti.

"Dasar Pendidikan Adalah Sebuah Kasih Sayang"

Ragamu telah meninggalkan kami, tapu tutur katamu akan selalu kami ingat, dan kebaikan-kebaikanmu akan selalu kami kenang.

Selamat Jalan Ibu Een Sukaesih ...
Allahummaghfirlaha, warhamha wa'afiha wa'fu'anha ... Aamiin

Umur Manusia Hanya Allah Yang Tahu

20:57 8 Comments
source image : duniafarisya.com

Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un ,,,
"sesunggunhya kami adalah milik Allah dan Kepada Allah lah kami kembali"..

Seseorang yang sudah saya kenal begitu baik, walaupun tak begitu lama, tapi kebaikannya begitu melekat dalam ingatan saya. Ia sudah seperti kakak saya sendiri. Malam ini,,,Malam Jum'at, Baru saja saya mendapatkan berita bahwa ia sudah di panggil oleh Allah SWT. Ia memang sudah lama mengidap gagal ginjal. Tapi semangatnya yang saya acungkan jempol, tak pernah ia mengeluh dengan kondisinya saat itu.

Sesekali ia mengeluarkan air matanya di hadapan saya karena satu persoalan. Jujur siapapun orang tersebut, saya paling tak tahan jika melihat seorang perempuan meneteskan air matanya. Itulah kenapa kebaikannya selalu ku ingat hingga saat ini.

Ada beberapa riwayat yang mengatakan bahwa "orang yang mati pada hari jum'at akan dijauhkan dari siksa kubur" Insya Allah ,,, lebih dari itu semuanya tergantung amal perbuatan masing-masing, dan bagaimana akhir masa hidupnya sebelum menghembuskan nafas terakihrnya.

Semoga dengan kebaikan-kebaikannya Allah melapangkan kuburnya, dan mendapatkan tempat terbaik di sisiNya. Aamiin Ya Rabbal 'alamiin.

Nasihat yang terbaik adalah ingat akan maut
Orang yang cerdas adalah ia yang selalu ingat mati

"Sesuatu yang bernyawa tidak akan mati melainkan dengan izin Allah sebagai ketetapan yang telah di tentukan waktunya" (QS. Al-Imron : 145)

Saduran Syi'ir Tanpa Waton Bahasa Indonesia

21:49 14 Comments

Masih ingat Syi'ir tanpa waton? konon dari mulut ke mulut dan masuk ketelinga, syi'ir tersebut dibuat dan di syairkan langsung oleh Almarhum Gus Dur. Tapi itu tidak perlu di persoalkan, yang paling utama adalah makna dari syi'ir tersebut sangat menggugah hati kita untuk lebih meningkatkan iman dan taqwa kita.

Mungkin anda pernah dengar tapi berupa bahasa jawa, Berikut saya share versi bahasa indonesia :


استغفر الله رب البرايا # استغفرالله من الخطايا
ربي زدني علما نافعا # ووافق ني عملا صالحا

يارسول الله سلام عليك # يارفيع الشان والدرج
عطفة ياجيرة العلم # يا اهيل الجود والكرم


Kita mulai baca syairan, dengan memuji kepada Tuhan
Pemberi Rahnat dan Keni'matan,  siang dan malam tanpa hitungan

Wahai sahabat pria wanita, jangan belajar syari'at saja
Pandai bicara tulis dan baca, tapi akhirnya akan sengsara

Banyak yang hafal qur'an haditsnya, suka mengkafirkan yang lainnya
Kafir dirinya tak dirasakan, masih kah kotor hati akalnya

Mudah tertipu nafsu angkara, dalam gemerlap hiasan dunia
Iri dan dengki pada tetangga, maka hatinya gelap dan nista

Mari saudara janganlah lupa, wajib belajar dengan caranya
Supaya kuat iman tauhidnya, bekal terbaik mulia matinya

Al-qur'an Qodim wahyu yang mulia, tanpa ditulis bisa dibaca
Itulah pesan guru waskita, maka tancapkan kedalam dada

Tempel di hati juga pikiran, merasuk dalam seluruh badan
Mu'jizat Rasul jadi pedoman, sebagai jalan masuknya iman

Kepada Allah yang Maha Suci, siang dan malam dekatkan diri
Terus di latih dan tirakati, dzikir dan suluk setiap hari

Orang yang sholih bagus hatinya, kar'na sempurna keilmuannya
Amal thoriqot dan ma'rifatnya, Amal haqiqot meresap juga

Mari lakukan ini semua, Allah yang akan angkat drajatnya
Walaupun rendah pada lahirnya, tetapi mulia maqom drajatnya

Ketika ajal datang waktunya, tidak tersesat roh dan raganya
Di sanjung Allah Surga tempatnya, Utuh jasadnya juga kafannya.


Berikut dalam bentuk audio yang sudah saya buat sebelumnya dan di uploud di soundcloud.




Semoga manfaat...

Upss ,,, jangan komentar macam-macam loh yah dengan suaranya. hehehe

Senior dan Junior

08:44 10 Comments
source image : kertasonline.com

Senior bisa dibilang seseorang yang lebih tinggi jabatanya, lebih banyak pengalamannya, dan lebih tua usianya. Sedangkan Junior adalah sebaliknya. 

Dalam hal ini, banyak yang saya temukan, juga dibeberapa media cetak, televisi terkait penganiayaan senior kepada junior. Di sekolah, kampus, perusahaan, atapun di organisasi masyarakat sudah sering terjadi yang demikian. 

Faktor utama terjadinya hal demikian adalah sebab iri dan takut tersaingi, Baca Hasad, Dengki Membakar Kebaikan tersingi kepopuleran, pangkat, jabatan, ataupun bisa saja karena penghasilannya. Saya yakin anda juga pernah mengalaminya sendiri, atau mungking pernah melihat disekelilingnya dengan kasus tersebut.

Hal seperti ini juga sudah sering saya alami sendiri, ketika saya berindak sebagai junior, dikala mulai sedikit demi sedikit berubah, di situ mulai terlihat  batang hidungnya yang merasa tersaingi, yang pada akhirnya saya dijadikan buah bibir. dari dulu semenjak disekolah hingga saat ini bekerja di sebuah perusahaan swasta, kasus tersebut sudah biasa saya lahap. 

Awal study kasus memang pernah mundur demi kebaikan bersama. Seiring tambahnya pengalaman mejadikan saya lebih siap lagi dikala menghadapi hal yang serupa.

Senior dan Junior disana yang akur yah, kalian itu sama. Hanya perbedaan waktu dan usia saja yang membatasi kalian. Jika dilakakan dengan kerjasama yang baik, pasti akan mendapatkan hasil yang baik pula.

Following One Course Until Success

11:47 12 Comments
Source image : zachandjody.com

Following One Course Until Success (FOCUS) biasa kita sebut Fokus adalah satu dari sekian banyaknya cara meraih keberhasilan apa yang kita inginkan. Kebanyakan orang tidak fokus dalam menjalankan apa yang mereka kerjakan, banyak yang diinginkan tetapi tidak fokus dengan apa yang sedang dilakukan. Satu contoh kita ingin jadi seorang penulis, tetapi tidak fokus dengan apa yang sedang dilakukan, justru yang anda lakukan adalah hal-hal lain yang tidak sejalur dengan profesi penulis. Baca Orang Sukses Itu Sudah Biasa

Untuk mendapatkan apa yang kita inginkan dalah dengan focus pada profesi (keahlian) yang kita miliki, dengan menggunakan konsep 80% fokus pada keahlian dan 20% lain-lain, seperti seorang penyanyi bukan berarti setiap hari harus menyanyi, boleh sesekali jalan-jalan, olahraga, membuat karya tulis dan lain-lain, yang menjadikan kita tidak bosan. Dengan konsep tersebut saya yakin kita akan meraih apa yang kita cita-citakan.

Saya ibaratkan jika kita minum air satu ember sekaligus, tentu banyak yang tumpah atau bisa jadi kembung karena terlalu banyak minum air. Berbeda jika kita meminum air menggunakan gelas, tentu kita akan menuangkan kembali air dalam gelas kalau memang masih terasa haus atau bisa jadi akan meminum lagi kalau merasa haus lagi. Begitupun dalam sebuah profesi, jika kita melahapnya secara bersamaan yang ada hanyalah penyesalan tak satupun keahlian yang kita miliki membawa keberhasilan.

So, fokuslah pada satu keahlian sampai benar-benar kitaberhasil meraihnya. Ketika kita mengerjakan pekerjaan yang sesuai keahlian akan terasa lebih enjoy, bukan?

Klakson Kehidupan

21:06 18 Comments

Dalam berkendara pasti kita sering menggunakan klakson. Membunyikan klakson bertujuan memberikan kode adanya pengendara lain di samping atau belakangnya, agar si pengemudi tidak menabrak, tertabrak ataupun ditabrak saat akan mendahului.

Begitu juga dalam kehidupan, jika apa yang kita inginkan tak pernah dimunculkan dan dikerjakan, maka yang ada hanyalah isapan jempol belaka. Klakson kehidupan ini bisa berarti, gagasan kita, bisnis, gaya hidup dan lain-lain, itu anda yang menentukan.

Tak sedikit orang yang enggan membunyikan klaksonya, karena tidak siap dengan pujian ataupun cercaan. Padahal konsekuensi kehidupan menuju keberhasilan satu diantaranya adalah siap menerima pujian dan cercaan. Dengan cara menunjukan dan menampilkan apa yang kita inginkan itu sudah ada nilai positive yang kita dapatkan yaitu tumbuhya rasa kepercayaan pada diri kita.

Fakuskan pada apa yang ingin kita raih, lalu pertahankan itu semua, tak perlu pedulikan omongan orang lain, hanya akan membuat konsentrasi kita terganggu. walau sesekali kita butuh masukan dari orang lain pula. Sama halnya saat kita mengemudi harus fokus dan konsentrasi, walau sesaat harus melihat ke kaca spion dan membunyikan klakso agar keberadaan kita diketahui pengemudi lainnya.

Yakinlah, jika hal tersebut dilakukan, apa yang ingin diraih akan segera kita rasakan manfaatnya.