4 Faktor Pemicu Penganiayaan Pada Anak

08:37
4 Faktor Pemicu Penganiayaan Pada Anak
source image: http://jabar.pojoksatu.id/

4 Faktor Pemicu Penganiayaan Pada Anak. Penganiayaan pada anak semakin menjadi, akhir-akhir ini beberapa kejadian yang menimpa pada anak-anak membuat orang tua menjadi cemas, terlebih ketika anak berangkat sekolah dan bermain diluar. Tragisnya lagi tidak sedikit penganiayaan tersebut berakhir dengan kematian, bahkan sesama anak kecil pun dapat berujung kematian.

Lantas, apa sebab itu semua bisa terjadi? kenapa di usia anak-anak yang seharusnya masih lugu tapi sudah berani berbuat demikian?

Ada beberapa faktor yang menjadikan anak-anak nekat berbuat penganiaayaan :

1. Lingkungan
Lingkungan adalah menjadi faktor utama, ketika anak-anak berada dalam lingkungan yang kurang efektif, dan kurangnya perhatian dari orang tua, maka si anak akan tumbuh kembang oleh lingkungan yang buruk.

2. Keluarga (Orang Tua)
Orang tua adalah guru bagi anak-anaknya diluar jam sekolah. Anak-anak akan dengan cepat meniru semua apa yang dilakukan oleh orang tuanya, ketika orang tua memarahi anaknya dengan nada kasar dan tak terkendali, pada saat bertengkar dihadapan sang anak. Oleh karena itu sebagai orang tua, lakukan hal-hal positive ketika sedang bersama anak.

3. Televisi
Kini tayangan televisi sudah tidak steril seperti dulu, hampir semua tayangan berbau kekerasan, tayangan anak-anak sudah sangat langka, oleh karena itu orang tua harus pintar-pintar memilah dan memilih tontonan untuk anaknya.

4. Gadget/Game
Di era teknologi yang semakin canggih, gadget seperti sudah menjadi kebutuhan primer, pasalnya anak-anak hingga dewasa sudah dengan mudah memilikinya, terlebih dengan harga-harga yang semakin murah, dan tersedia games yang beraneka ragam, tidak sedikit juga anak-anak yang meniru gaya dan peran di game action.

Itulah beberapa faktor yang dapat memicu penganiayaan pada anak, jagalah anak Anda, sayangi anak Anda, agar tidak terjadi hal-hal yang memilukan.

Sekian dan Semoga Bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
Anonymous
December 10, 2015 delete

kadang ada juga beberapa kecanduan yang membuat orang tua bisa bertindak kejam terhadap anaknya, seperti kebiasaan minum alkohol dan kebiasaan kerja yang memakan banyak waktu. sehingga ketia ada masalah dikit di seakan terdesak dan tidak mau mengalah, sehingga apa yang diutarakan anak tidak ditanggapi bahkan anak sendiri dibentak mas

Reply
avatar