Antara Khutbah Jum'at dan Ceramah

12:09
source image : zoojaja.com

Antara Khutbah Jum'at dan Ceramah. Siraman rohani yang rutin sebelum pelaksanaan sholat jum'at. Khutbah yang memenuhi syarat dan rukunnya adalah syarat sahnya juga jama'ah sholat jum'at. Tapi, pada tulisan ini saya bukan untuk mendeskripsikan syarat dan rukunnya, melainkan ada satu hal yang sekedar saya ingin berbagi dan bertukar pendapat. Khutbah ataupun ceramah itu sama-sama menyampaikan, memberikan sesuatu gagasan yang terkait dengan agama, namun ada sedikit perbedaan yang menurut saya tidak begitu sesuai pada tempatnya.

Ceramah itu bersifat non formal, sedangkan khutbah bersifat formal. (setuju ataupun tidak, sahabat baca dulu yah sampai selesai agar tidak salah persepsi ^_^.) Okey, saya lanjutkan yah ...

Kenapa saya katakan khutbah itu bersifat formal, karena dalam hal ini khotib harus benar-benar mengolah kata agar tidak terlalu melebar pembahasan. Akan lebih baik jika isi khutbah sudah berupa tekstual bertujuan agar pembahasan lebih terarah.

Kenapa saya katakan hal demkian, karena sering saya mendengarkan khotib yang alur pembicaraanya tidak terarah, hanya berputar-putar mengulang kalimat saja, dan sering saya dapati juga ada beberapa pembahasan yang tidak sesuai dengan kaidah. Dan yang lebih saya kurang pas adalah penyampaian ketika khutbah sampai berteriak-teriak yang gak jelas.

Berbeda dengan ceramah, durasi waktu biasanya lebih panjang dan si pemateri bebas menyampaikan gagasannya kepada pendengar dengan bahasa yang mudah dan tidak membosankan.

Jadi, bagus jika khotib menyampaikan tanpa berupa teks, karena mungkin sudah terbiasa juga menguasai materi.

Ini opini saya, ada opini lain dari sahabat? Yuk, di share ... ^_^.

~Sekian~
Semoga Bermanfaat

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

33 comments

Write comments
March 09, 2015 delete

saya setuju,kalo khutbah jumat materi nya cenderung terfokus ga terlalu melebar topiknya.kalo khutbah jumatan saya lebih suka ustadz yang berani.saat bicara nya tegas, lantang juga.kalo ustad yang gaya bicara nya kurang tegas dan lantang suka membosankan kadang ngantuk.

Reply
avatar
March 09, 2015 delete

mas fiu sj yg jadi khotib...
sepengetahuan saya ada hadits yg menyatakan bahwa, rasulullah dulu kalau berkotbah matanya merah, suaranya tinggi dan marah dgn serius spt memberi peringatan kepada pasukan. nggak lempeng2 aja yg bikin ngantuk.

Reply
avatar
March 09, 2015 delete

izin membaca dan menyimak aja deh mas :)

Reply
avatar
March 09, 2015 delete

opini saya, jadi perbedaan antara khutbah jumat dan ceramah adalah seperti opini mas fiu :)

Reply
avatar
oka
March 09, 2015 delete

dan selalu tertidur saya jika dengerin yang kotbah baca teks.. hehehe.. jangan ditiru :)

Reply
avatar
March 10, 2015 delete

yg nggak pernah sholat jum'at terus gimana mas fiu???

Reply
avatar
March 10, 2015 delete

wahh bener juga nih kang saya sepakat dengan mas fiu jika khutbah jumat itu formal dikarenakan khutbah jumat kan suka banyak yang hadirnya dan waktu nya terbatas maka perlu ada persiapan yang matang agar orang yang mendengarkan tidak tertdur

Reply
avatar
Anonymous
March 10, 2015 delete

khutbah juamat juga banyak membawa keberkahan bagi yang mau mendengarkannya untuk kehidupan dunia dan akhirat, makanya ketika khotib naik ke atas mimbar dan membacakan khutbahnya, semua jamaah jumat dilarang melakukan percakapan dan perbuatan sia-sia lainnya. ok makasih infonya dan salam sahabat blogger.

Reply
avatar
March 10, 2015 delete

jadi pengen dengerin mas fiu khutbah yah.. ditunggu ah hehe

Reply
avatar
March 10, 2015 delete

naah...klo yg inih mang ditunggu,..No..!

shalallahu 'alaih..
tanda2 kenabian.. mata merah.. bukan karena amarah.. dikoreksi ya klw salah..hihii.. maklum jarang baca hadits..hehehehe

Reply
avatar
March 10, 2015 delete

selalu dpet telur klw jumatan Mas..hii.. dtg blakangan...

Reply
avatar
March 11, 2015 delete

ngntuk beraaaaat ,,,hehehe

Reply
avatar
March 11, 2015 delete

ditunggu dimana nih ........ :D

Reply
avatar
March 11, 2015 delete

di persilahkan ,,,, :)

Reply
avatar
March 11, 2015 delete

hehehehe .... sama aja dg sy donk mas sucipto ...

Reply
avatar
March 11, 2015 delete

dilestarikan nih ...hehe

Reply
avatar
March 11, 2015 delete

yg nggak pernah sholat jum'at ya jedotin aja idungnya mbk ..,ehehe (khusus lk2)

Reply
avatar
March 11, 2015 delete

yg tertidur ....lbh bnyk yg tdk tdur ,.,,,

Reply
avatar
March 11, 2015 delete

bner mbah ....
Sip ... smga manfaat mbh ... :)

Reply
avatar
March 11, 2015 delete

sini pada ngumpul ...hehhe

Reply
avatar
March 11, 2015 delete

telur ayam apa telur puyuh mas al ... :)

Reply
avatar
March 11, 2015 delete

Iya... mas fiu.. khotbah itu tidak harus memakai teks...

Reply
avatar
March 11, 2015 delete

Belom pernah dengerin sih. Jadi ngga tau. Hihihi :P

Reply
avatar
March 11, 2015 delete

saya pernah menemui khotbah yang mengenaskan, karena disitu khatib melucu dan akhirnya membuat para jamaah pada tergelak. itu yang bikin suasana jadi rusak kan Mas

Reply
avatar
March 11, 2015 delete

yappp. ceramah memang lebih formal dan lebih panjang durasinya dibanding khotbah jum'atan ya. apapun namanya semoga dakwah itu bisa menyampaikan apa yang seharusnya disampaikan ya mas :)

Reply
avatar
March 13, 2015 delete

me dengerin gak beb ?

Reply
avatar
March 13, 2015 delete

itu yg kadang sy merasa sngat disayangkan dg model yg bgtu mas zach ...

Reply
avatar
March 13, 2015 delete

iya neng iin ,,,, hehehe
neng iin suka bawaiin ceramah juga ya ,,,

Reply
avatar
March 14, 2015 delete

Heihei bener bangeds. Tapi saya ada masalah nih. Napa ya setiapkali mendengar khutbah Jumat bawaannya ngantuk melulu. Huaaaaaaaaaaaa

Reply
avatar
March 19, 2015 delete

itu ada 2 kemungkinan,kemungkinan pertama mas asep ga ngopi dulu sebelum jumatan.kedua ustadznya yang ceramahnya ngebosenin.biasanya kalo penceramahnya bersuara lantang ngantuk suka hilang..

Reply
avatar