Kekalahan Adalah Kemenangan Yang Tertunda

12:08

Kekalahan Adalah Kemenangan Yang Tertunda, sebuah kalimat yang sudah tak asing lagi kita dengar. Akan tetapi ketika melihat realita kehidupan yang sebenarnya tidak sedikit yang jatuh dan tidak sanggup untuk bangkit lagi.

Berbagai macam polemik dan tantangan dalam hidup terkadang bisa membuat kita semakin terpuruk manakala cara melewatinya tidak dengan hati-hati, sama seperti saat kita melewati jalanan penuh kerikil, berlubang dan bergelombang, kalau melewatinya dengan tidak hati-hati pasti ada hal buruk yang terjadi.

***

Bangkit dari kekalahan / kegagalan memang tidak semudah apa yang kita bayangkan, butuh konsekuensi dan usaha agar semangat kembali memuncak. Tapi bukan berarti "Hidup tak semudah kata-kata orang bijak loh ya". Statement tersebut kerap keluar dari mulut seseorang yang lagi dilanda kegalauan tingkat dewa. Kalau menurut saya Justru pernyataan seperti itu yang dijamin tidak akan membawa kita ke perubahan yang lebih baik.

Saya pribadi juga sering mengalami hal demkian. Satu contoh dulu pada saat pertama kali ikut lomba MTQ cabang tafsir qur'an tingkat kabupaten di Sulawesi, masih belum lolos masuk juara, hanya hanya berada di posisi juara harapan. Dan bebarapa rekan lainya saling memberi support "sudah tidak masalah, masih ada event berikutnya".

Lalu di di tahun berikutnya saya masih diberi kepercayaan untuk masuk dikategori yang sama, sempat sih menolak karena sebelumnya sudah pernah kalah, hehehe. Karena desakan panitia dan pihak lainnya, tiba-tiba saja ada kiriman baju batik pertanda saya sudah fix diikutsertakan dalam Lomba MTQ tingkat kabupaten. Sempat kaget dan mencoba saya tolak, tapi si panitia terus saja memberi desakan. Mau nggak mau ya harus saya terima.

Dengan rang waktu yang sempit, saya mencoba mempersiapkan segala sesuatunya, soalnya ini lomba lumayan berat, hehehe. Belajar dari kekalahan sebelumnya dan mencoba percaya diri akhirnya membuahkan hasil juga, dan masuk dalam urutan pertama (juara 1 cabang tafsir qur'an). Alhamdulillah, ini adalah aplikasi dari Kekalahan Adalah Kemenangan Yang Tertunda.

Apa yang kita ucapkan itulah langkah awal keberanian untuk melangkah, karena itu adalah sugesti untuk diri kita sendiri yang kemudian akan diserap oleh otak dan pikiran kita.

~Semoga Bermanfaat~
Salam Sukses Mulia

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

21 comments

Write comments
February 12, 2015 delete

weeiiss selamat ya mas fiu, barakallah, akhirnya kemenangan justru didapat disaat tak berharap juara, kalau udah rezeki ga kemana ya.. mas fiu qira'ahnya bagus kok, sedikit lagi ngegantiin afgan hehe..

Reply
avatar
February 12, 2015 delete

Bagi saya kekalahan tetaplah kalah. Tidak dibumbui dengan kata kata menghibur "kemenangan tertunad". Hiehiehiehe Mangap eh maaf. Ini hanya pendapat saya aja. Boleh donk berbeda pendapat. Bagi saya kekalahan tetaplah kalah, dan itu menyakitkan

Reply
avatar
February 12, 2015 delete

ini nih namanya mengalah untuk menang. hehee selamat ya mas..

Reply
avatar
February 12, 2015 delete

aplous buat saudaraku yg satu inih..!
selain ganteng..ternyata jago ngaji juga..
yaa Allah.. jaga iman di dada saudaraku inh..

Reply
avatar
February 12, 2015 delete

Gue jadi semangat bro pas baca tulisan lo :)

Reply
avatar
February 13, 2015 delete

Kekalahan sebenarnya batu loncatan untuk kita meraih impian, dan keberhasilan seseorang dinilai tidak hanya hasil yang diraihnya tetapi sejauh mana upaya yang telah dilakukan untuk meraih keberhasilan itu... Congratz....

Reply
avatar
February 13, 2015 delete

kekalahan adalah motivasi untuk menang selanjutnya..

Reply
avatar
February 14, 2015 delete

pasti kang, kekalahan adalah kemenangan yang tertunda. dan batu loncatan untuk menjadi lebih baik, gak penting juara 1 atau 2 yang penting semangat.

Reply
avatar
February 14, 2015 delete

wah selamat mas karena mendapatkan juara 1 cabang tafsir qur'an

Reply
avatar
February 14, 2015 delete

tulisannya bikin semangat mas....

Reply
avatar
Anonymous
February 15, 2015 delete This comment has been removed by the author.
avatar
Anonymous
February 15, 2015 delete

maaf mas ada salah ketik heheeee

selamat mas...bangga juga punya kawan yang bisa tafsir quran...semoga dapat berkahnya...

kekalah adalah suatu kemenangan yang tertunda, namun bukan kekalahan yang seharusnya kita takutkan...namun bisa atau tidak kita berbuat atau menampilkan suatu hal terbaik dari kemampuan kita, masalah menang atau kalah itu belakangan...saya pernah baca pernyataan thomas alpa edison...katanya:

saya telah melakukan 3000 lebih percobaan sebelum saya menemukan lampu pijar dan semua itu belum berhasil. tapi saya tidak gagal, karena dari eksperimentasi tersebut saya menemukan suatu keberhasilan lain dan itu juga berguna untuk kehidupan...jadi intinya kamu harus berani untuk berbuat dan yakinlah kalau kamu bisa. karena orang yang tidak pernah berani adalah orang yang kalah dan tidak pernah mengetahui rahasia dunia ini". selanjutnya, tidak ada kegagalan...yang ada hanyalah keberhasilan dalam bentuk lain. walau keberhasilan itu tidak seperti yang kita harapkan".

begitu juga dengan kekalahan...mungkin tidak ada kata kalah...yang ada kita mendapatkan suatu hal dalam bentuk lain dibalik kekalahan tersebut...artinya kita jadi memahami apa yang seharusnya kita lakukan...dan ketika itu kita lakukan...kita bisa saja menjadi yang terbaik...buktinya bisa juga kan gan menang juara 1 lomba tafsir alquran...

jadi....: keep spirits and do the best

Reply
avatar
Anonymous
February 15, 2015 delete

apanya yang semangat ya gan....heee

Reply
avatar
February 16, 2015 delete

Aamiiiin...
ups gantiin afgan ...? Jauuuuuh mb ...hehe

Reply
avatar
February 16, 2015 delete

Gpp kg asep ...heheh
kekalahn emg pahit bagt rasanya ...hehe

Reply
avatar
February 16, 2015 delete

Weits lombanya hebat, Mas.
Yakin saja Mas kalo kerja keras dan usaha bakal dapat jalan keluar.

Reply
avatar
February 17, 2015 delete

waah gak nyangka ternyata mas fiu ini jago MTQ,hehehe selamat ya udah jadi juara 1 cabang tafsir al-qur'an. dengan pengalaman tersebut berarti istilah kekalahan adalah kemenangan yang tertunda itu benar adanya :D

Reply
avatar
February 18, 2015 delete

semua butuh proses ya mas,hehe selamat ya udah jadi juara 1 lomba MTQ :)

Reply
avatar
February 24, 2015 delete

Yang penting terus berusaha ya, Bang :D

Reply
avatar
February 28, 2015 delete

Selamat Mas....Usaha yang tidak sia-sia....semoga tetap seperti padi... :)

Reply
avatar