Bayi Dibuang

06:41

  • Ditemukan sosok bayi tergeletak didepan pintu rumah, diperkirakan bayi baru berumur 2 hari ...
  • Di temukan bayi mungil dalam kardus yang mengapung di keruhnya air sungai, diduga bayi berumur 1 minggu ...
  • Bayi mungil sudah tak bernyawa berada di tengah rerumputan yang tergelatak, dengan kondisi yang mengenaskan dan tali pusar belum terputus. di perkirakan bayi baru lahir beberpa jam yang lalu.
Lagi lagi bayi, lagi lagi bayi, yang di temukan sendiri tanpa seorang ibu, entah apa yang ada dalam pikiran perempuan tersebut. Apaka ia nggak sadar bahwa dirinya juga dilahirkan dari seorang ibu. apakah ia ngga sadar bisa bertahan sampai yang dirasakan atas kasih sayang Allah lewat orang tuanya terutama ibunya.

Bagaimana perasaan sahabat khususnya kaum wanita, ketika melihat berita tentang bayi di buang atau bayi baru lahir ditemukan sudah dalam keadaab tak bernyawa sudah barang tentu akan berpikir "Kok setega itu... Tega membuang buah hatinya, tega membunuh dan membuang buah hatinya"... saya pun berpikir seperti apa yang sahabat pikirkan saat melihat atau mendengar berita itu. Bagimana tidak, Banyak pasangan suami istri yang susah payah dan berusaha karena belum juga di karunia buah hati setelah bertahun-tahun menikah. bahkan tidak sedikit yang rela mengeluarkan biaya berapapun jumlahnya demi lahirnya si buah hati. 

Di postingan saya sebelumnya tentang Bahagia Menimbulkan Tanya mungkin ada kaitanya dengan yang sekarang lagi saya tulis. Sebagian besar dari sebab dibuangnya bayi tak berdosa itu adalah hasil dari hubungan diluar nikah. belum lama negera kita dihebohkan dengan pekan kondom gratis. rencana pemerintah sedikit ada benarnya, tapi kesempatan itu disalah gunakan oleh tangan-tangan jahil sehingga pemerintah kecolongan sampai alat itu tersebar luas sampai dikalangan para pelajar. entah siapa dalang dibalik itu yang jelas tak heran jika bayi mungil jadi sasaran para pasangan-pasangan gelap.

Atau karena tidak punya harta, takut anak sengsara, hawatir anak terlantar, kekurangan makan, kekurangan gizi ? atau kekurangan pakaian ?. Percayalah Allah tidak akan menelantarkan hambanya yang mau berusaha, asal kita mau berusaha pasti semua bisa tercukupi. 

***

Saya teringat film tapi lupa judulnya di film itu mengisahkan pasangan suami istri habis melahirkan dirumah sakit ternama atas saran dari tetangganya, setelah proses persalinan selesai, pihak rumah sakit pun meminta biaya administrasi kepada suami dari perempuan yang telah melahirkan tadi. Setelah dilihatnya kertas tagihan, dengan maa melotot dan muka tercengang, badan serasa rontok sektika setelah melihat besarnya biaya persalinan. Dengan hasil pekerjaannya sebagai penarik becak yang hanya cukup buat makan sehari-sehari, pria paruh baya itu tetap semangat bekerja, agar buah hatinya bisa dibawa pulang. Karena permintaan rumah sakit bayi tidak boleh dibawa pulang sebelum administrasi dilunasi. Hmmm ... ya begitulah rumah sakit. ^_^. Tapi pria itu tetap semangat bekerja, berdoa dan tawakal.

Dan pada akhir kisah bayi itu bisa dibawa pulang. dengan bantuan seoarang dokter yang bertugas dirumah sakit tersebut. Seketika terenyuh hatinya setelah mendengar derita tangis keduanya demi sang buah hati, ingat demi sang buah hati mereka rela berkorban. Diman hati nurani meraka-meraka yang tega membuang darah dagingnya sendiri.

***

Sahabat ... mari kita lihat sejenak gambar yang saya sertakan di awal tulisan, lihat foto bayi itu, perhatikan baik-baik, setelah itu pejamkan kedua mata sahabat, bayangkan dan renungkan mulai dari keningnya, alis, mata, hidung pipi, mulut dan dagunya, wajahnya yang mungil dibalut kain. matanya yang terpejam membuat tenang hati siapapun yang melihatnya, wajahnya yang begitu menentramkan meskipun dalam keadaan tertidur lelap, seketika bayi itu tersenyum, lelah letih akan serah hilang entah kemana, setelah melihat senyum dan tawanya. 

Lantas perempuan berhati apa yang masih tega yang membuang bayinya? ...  Pergaulan bebas dikalangan para remaja membuat akhlaq mereka buruk dan sangat memprihatinkan. Remaja sekarang katanya malu kalau tidak gaul, malu kalau  pergaulannya hanya sebatas itu dan itu saja, karena malu itu yang pada akhirnya ikut dalam suasana yang tidak karuan. 

Kasus bayi dibuang memang sudah sering kita dengar, saya terhentak ingin menulis tentang bayi dibuang setelah saya melihat beritanya baru-baru ini di media televisi. harapan saya semoga kita dan saudara-sudara semuanya yang menyempatkan baca tulisan ini dibukakan pikiran dan hati agar tidak terjerumus pada hal-hal yang sangat merugikan.

Sahabat, ... Yuk kita mulai dari diri kita sendiri untuk menanamkan dalam diri kita sifat yakin akan kasih sayang dan kuasa Allah yang begitu luas, ikhlas menerima segala keputusanNya, memasrahkannya hanya kepada Allah dan mensyukuri semua nikmat-nikmatNya. Sulit memang jika kita sendiri yang melakukannya, tapi ingatlah ini semua demi anak keturunan kita nantinya, tanamkan keempat sifat itu dalam alam bawah sadar kita dan rasakan hasilnya.

Di akhir tulisan ini, saya sertakan video berdurasi 4.38 menit tentang perjuangan wanita demi anaknya lahir, rela mempertaruhkan nyawanya untuk di opersai cesar agar sang buah hati bisa melihat indahnya matahari dan rembulan bersinar. Dan mohon maaf jika yang nggak berkenan atau merasa ngeri melihatnya, video ini saya dapatkan saat ikut pelatihan di Bogor. Buat sahabat yang nggak kuat untuk melihatnya saya sarankan dihentikan saja videonya. berikut cuplikan videonya :



Video ini untuk mengenang pengorbana seorang ibu, dan harapan bisa membuka pintu hati buat mereka yang masih kejam memperlakukan anak-anaknya. Baca juga postingang beberapa waktu lalu yang berjudul Kisah Tentang Ibu

Kalau bukan memulai dari diri kita mau menunggu sampai kapan, sampai ajal menjemput ? atau sampe datang hari kiamat ?...


Sekian dan Terima Kasih
sudah membaca tulisan tentang Bayi Dibuang, Semoga Bermanfaat

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

40 comments

Write comments
December 15, 2013 delete

sedih banget, banyak orang tua yang mengharapkan kehadiran sang bayi dalam keluarga mereka, namun Allah belum memberikan, eh ini ada yg diberikan bayi..malah dibuang..... kok tegaaaaa ya

Reply
avatar
December 15, 2013 delete

dekadensi moral sudah membuat manusia kehilangan jiwa kemanusiaannya, sehingga tega melakukan perbuatan seperti ini, salam

Reply
avatar
Anonymous
December 15, 2013 delete

waduh bayi yang imut begitu kok dibuang ya, sayang banget :(

Reply
avatar
Dwi
December 15, 2013 delete

udah ga punya moral tuh, kasian kan bayinya :(

Reply
avatar
December 15, 2013 delete

susah2 buat mlh di buang!

Kunjungan perdana dari softandtrik.blogspot.com

Reply
avatar
December 15, 2013 delete

kasian bayinya tu, kesalahan pada orang tuanya anaknyapun kebawa bawa

Reply
avatar
Anonymous
December 15, 2013 delete

Memang orang indonesia itu selain hobby buang buang duit, banyak juga yang hobi buang bayi ya? padahal kan kesian. gak bertanggung jawab banget....

Reply
avatar
December 15, 2013 delete

kayaknya sekarang film itu sudah tidak relevan ditonton deh Mas, secara sekarang kan ada Jampersal, jaminan melahirkan dari pemerintah, gratis...hehehe

* bletak, bakiak melayang

saya nggak ngerti, mesti bilang apa. melahirkan itu luar biasa dan benar-benar sebuah keajaiban...melihat anak kita menangis untuk yang pertama kali tu harunya bukan kepalang. melhat bayi kita lahir, menatap wajah kita, memegang jari kita, itu sebuah magic yang membuat hati setiap ibu trenyuh...itulah kuasa Alloh. Lha kalau tega membuang bayinya, berarti si ibu itu sudah membatu hatinya, sudah tak berperasaan lagi, atau jangan2 sudah dikunci mata hatinya...ya Alloh lindungilah kami dari ketidakpekaan dan kecuekan terhadap sekitar.

Reply
avatar
December 15, 2013 delete

Seperti itu emang nggak bermoral tapi kadang kalau diingatkan apa jawabannya itu suatu kebutuhan tapi kalau sudah terjadi anak dalam kandungan dia tidak butuh lagi
tidak habis fikir juga kenapa ketika bayi di buang giliran dibesarkan orang udah gede di cari..nggak mungkin kan bayi bisa hidup tanpa perawatan...kecuali kuasa tuhan

Reply
avatar
December 15, 2013 delete

hanya orang -orang yang bodoh yang tidak bertanggung jawab

Reply
avatar
December 15, 2013 delete

haduhh , , ,jadi ngirisss ngeliatnya , ,berani berbuat nggak tanggung jawab . .

Reply
avatar
December 15, 2013 delete

harimau aja gak makan anaknya .....

Reply
avatar
December 15, 2013 delete

bener pak.... moral negeri kita memang sedang terjajah ...

Reply
avatar
December 15, 2013 delete

di ambil aja mw ngga sob ? :)

Reply
avatar
December 15, 2013 delete

moralnya siapa yang ngambil yah ..... kok gak dibalikin lg ..... :(

Reply
avatar
December 15, 2013 delete

kok susah buat mas arif ?

Reply
avatar
December 15, 2013 delete

Miris hati melihatnya, ini perang antara moral dan malu.

Yang jelas, berani berbuat harus berani bertanggung jawab

Reply
avatar
December 15, 2013 delete

ngeneeees malahan :(

Reply
avatar
December 15, 2013 delete

yng buang setan rupa manusia ....:)

Reply
avatar
December 15, 2013 delete

biar ada jaminan melahirkan tetap mash banyk yang kecolongan mb. :) persalinan itu kan dilakukan sebagai jalur alternatif karn jika secara nrmal agak berisiko ...

semoga anak keturunan kita trhindar dri hal-hal yg keji yah mb ... aamiin,,,

Reply
avatar
December 15, 2013 delete

ya itulah piciknya org yg minim akhlaq ... passion nya nggak ada ...

Reply
avatar
December 15, 2013 delete

bodoh yg nggak maw berubah ....

Reply
avatar
December 15, 2013 delete

lempar tangan sembunyi dibalik batu yah mas ? :)

Reply
avatar
December 15, 2013 delete

berani berbuat hrus bertanggung jawab itu bgus buat yang sudah nikah biar ttp optimis bisa membesarkan anaknya, jngn sampe disalah gunakan kalimat itu buat hbungan diluar nikah, ntr klo dibilngin yg penting kan mw tanggung jawab ... wahhhhh bahaya juga kannn ? :)

Reply
avatar
December 15, 2013 delete

wah kasihan banget ya bayi kok di buang getu hmmmm nggak bertanggung jawab ea mas :)

Reply
avatar
December 15, 2013 delete

Ada lagi kasus yang ibu jual anak bayi-nya sendiri untu biaya hidup dan makan. Aku ngga ngerti harus bilang apa. Alasannya pasti karena ekonomi atau mungkin malu karena bayi itu dari hubungan gelap. Tapi kenapa harus dengan cara begitu? Padahal bayi-bayi itu kan calon generasi penerus masa depan bangsa juga. Duh.

Reply
avatar
December 15, 2013 delete

hehehehehe iya neng ririn gak puya ati apa yah .... :)

Reply
avatar
December 15, 2013 delete

alasan kurang ekonmi pasti ada jalan buat yg mw berpikir, alasan malu knp wktu berhubungan gelap nggak malu ama drinya sendiri dan ama Allah ,,.. bukan begitu mb karimah ? :)

Reply
avatar
December 15, 2013 delete

'A'udzubillah ajja dech... Mudah"an jangan sampai melalkukan seprti ibu ibu yang membuang bayinya

Reply
avatar
December 15, 2013 delete

Wah padahal bayi lucu itu imut kenapa di buang yah?

Reply
avatar
December 15, 2013 delete

Aamiin .... fatahallahu 'alaik .... :)

Reply
avatar
December 15, 2013 delete

tanyakan sama hati nurani kita masing2 mas .... :)

Reply
avatar
Anonymous
December 15, 2013 delete

wah wah ilmu baru lagi buat ane nih gan :D

Reply
avatar
December 16, 2013 delete

masya Allah,, bayi kok di buang,, bikinnya aja mau..

Reply
avatar
December 16, 2013 delete

kejam bgt ibuny sampe2 buang bayiny,, emang ibuny dulu dia di buang juga y..?

Reply
avatar
December 16, 2013 delete

hehehehe monggo disedot sob ... :)

Reply
avatar
December 16, 2013 delete

hehehe, iya bener bikin aja mau sudah jadi dibuang .... :)

Reply
avatar
December 16, 2013 delete

buah jatuh gak jauh dri pohonnya :)

Reply
avatar
February 13, 2014 delete

orang tuanya kok tega ya, buang anak sendiri?

Reply
avatar
February 28, 2014 delete

ibu yang durhaka, semoga mendapat hidayahNya
makasih mas infonya, kalau mau info seputar Bintaro Jaya Xchange Mall silakan mampir di blog saya. makasih

Reply
avatar