Burok Losari Brebes

09:38

Burok Losari Brebes. Mendengar kata burok tentu sahabat teringat akan kisah Rasulullah SAW yang menunggangi burok dalam melakukan perjalanan isra dan mi'rojnya. Menurut kisah burok adalah seekor binatang yang berwarna putih tingginya lebih tinggi dari himar, dan pendeknya lebih pendek dari baghal (keledai), itu adalah burok yang dikisahkan pada masa Rasulullah SAW.

Burok yang akan saya ceritakan ini adalah burok yang ditumpangi anak laki-laki yang di khitan. Di kecamatan Losari-Brebes burok sudah biasa ditanggap (dipanggil) dalam acara khitanan, dimana burok tersebuat dibuat sedemikian rupa dengan wajah mirip orang yang cantik dan ganteng, plus kedua sayap layaknya burung yang siap terbang, kemudian dimainkan oleh dua orang pemain didalamnya, dengan diiringi khas musik dangdut ala burok.

Burok ini membawa tumpangannya berkeliling kampung, sambil beraksi maju-mundur mundur-maju cantik-cantik ala syahrinong (uppsss ... syahrini maksudnya... ^_^). Tapi sayang waktu saya kecil dulu gak kesampean naik burok, hehehe. Jadi hanya bisa menyaksikan dari sudut desa saja. :D

Kalau burok di tempat kalian gimna hayo? sama gak dengan burok di kampung halaman saya?

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

41 comments

Write comments
March 04, 2015 delete

ooo.. bisa kok Mas Fi..!
disunat lagi saja..kan byk tuh yg sunat online..!

Reply
avatar
March 04, 2015 delete

Hihihi.. Jadi kayak diarak-arak gitu ya, Bang Fiu :D

Reply
avatar
March 04, 2015 delete

sepertinya acara macam beginian emang seru banget ya mas fiu...

Reply
avatar
March 04, 2015 delete

di tempat saya nggak ada beginian mas Fiu..
kalo kayak gini (boneka orang2 an) hukumnya gimana ya ust?

Reply
avatar
March 04, 2015 delete

alhamdulillah sehat No'
wadduh maap ya.. mas admin N No',

Reply
avatar
March 04, 2015 delete

tunggu Mas Fiu jawab inih ..

Reply
avatar
March 04, 2015 delete

semoga tdk menghilangkan nilai2 agama yg sebenarnya

Reply
avatar
March 04, 2015 delete

kalau versi barat burok itu kuda sayap berkepala manusia.. kalau ditempat saya ga ada burok mas.. yang ada malah borok hehe..

Reply
avatar
March 04, 2015 delete

semoga saja bukan layaknya thagut ya..

Reply
avatar
March 04, 2015 delete

unik ya mas kesenian tradisionalnya, perlu dilestarikan tu :D

Reply
avatar
Anonymous
March 04, 2015 delete

ternyata masih ada ya tradisi ini. yang jelas menunggang suatu kendaraan hias untuk anak yang akan di sunat, akan bisa mengurangi ketakutan kalau mau di sunat. kalau saya dulunya malah gak diarak apa-apa dan dan datang tukang sunatnya juga tiba-tiba kerumah, lalu paman saya langsung menangkap saya dan menyuruh saya sunat. tapi mungkin karena keberanian dan takut dibilang banci aja kalau nangis, makanya anteng aja, tapi ya sakit jgua gan heheheeee. habis itu baru deh banyak yang ngaish hadiah...nah kalau bagian itu saya sih senyum simpul gan...hehheeee.

Reply
avatar
March 05, 2015 delete

haaaa? sunat online ?

Reply
avatar
March 05, 2015 delete

awas ,,,,!!! bahaya ...

Reply
avatar
March 05, 2015 delete

banget dan rame pula mbk dwi ,,,hehe

Reply
avatar
March 05, 2015 delete

asal mula hukum menbuat boneka, lukisan, makhluq yg bernyawa diharamkan ..
stelah di qiyaskan dri beberp hadist, sebagian ulama menyimpulkan di bolehkan selagi tidak menjadikan syirik atau tidak dijadikan sesembahan.

Silahkan jika ada yg mw menambahkan : Mbah yai Aldino, Ustadz. Che dan ustadzah tika ... atau siapa aja juga boleh .. :)

Reply
avatar
March 05, 2015 delete

hahahaha .... borok kebayakn dirumah sakit ,,, berrt dokter nih yah ...hehehe :D

Reply
avatar
March 05, 2015 delete

iya unik ,,, kek betawi kn ondel2 gtu ... :)

Reply
avatar
March 05, 2015 delete

sy juga gk nunggang bgtuan mbah ,,, yg penting nunggu hadiah aja ama makan daging ayam 1 ekor ,,,hehe

Reply
avatar
March 05, 2015 delete

ini adat dari brebes ya mas?kalo disaya ga ada yg giniannya,memang negri ini negri 1000pulau dan 1000 budaya..

Reply
avatar
March 05, 2015 delete

iya mas hendri ...hehehe .... dh pernah ke brebes blm ?

Reply
avatar
March 05, 2015 delete

Bruoknya cantik yah... masih ada gak tuh mau kenalan....

Reply
avatar
March 05, 2015 delete

plit..komplit,, padat, berisi dan jelas..
nda trlalu paham aturan2 agama.. hehe..

Reply
avatar
March 05, 2015 delete

unik ya...ditampat saya sudah tidak dilestarikan lagi adatnya

Reply
avatar
March 05, 2015 delete

thanks ya sob infonya heheheh
blognya udah ane follow atas nama SImBalisme no 116 follback ya sob
tengkyu sob

Reply
avatar
March 06, 2015 delete

11 12 sama ondel-ondel betawai :D

Reply
avatar
March 06, 2015 delete

di tempat Saya nggak ada tradisi seperti itu, coba kalau ada, pasti anak-anak nggak takut di sunat, hehehe..

Reply
avatar
March 06, 2015 delete

ternyata sasingaan di losari-brebes namanya burok ya? hehe
baru tau saya. kalo saya khitanan dulu sih bukan naik burok, tapi naik sepeda.
hebat nggak saya?

Reply
avatar
March 06, 2015 delete

kalo buroknya gambar gendruwo, ya takut dong

Reply
avatar
March 06, 2015 delete

tapi sayang sejak kecil belum sempat naiki si burok, emang mas Fiu sekarang sudah besar gitu.?

Reply
avatar
March 06, 2015 delete

hehehe ,,,, iya nih belum pernah naik burok ....hehe

skrg sy malah jadi lebih kecil nih ,,,, aplgi klo dh ketemu devy ,,,, :D

Reply
avatar
March 06, 2015 delete

haaaa? naek sepeda ??

Reply
avatar
March 06, 2015 delete

klo yg jadi buroknya mas zach gmn yah ,,,hehe

Reply
avatar
March 06, 2015 delete

klo 13 itu mas zach ,,,heheh

Reply
avatar
March 06, 2015 delete

mash ada mas ,,,hehe

Reply
avatar
March 06, 2015 delete

sepi donk mas ,,ehehe

Reply
avatar
March 06, 2015 delete

Whahahaha dasar saya yang KUDET alias saya yang kurang APDET>
Saya taunya BREBES penghasil TELUR ASIN doangan Heihiehiee
Ternyata BREBES menyimpan banyak cerita soal Khitan

Reply
avatar
March 06, 2015 delete

weeeeh ,,,, masih bnyk lg ttg brebes loh ,,,hehe

Reply
avatar