Swiping Gabungan

22:00
source image : freezerfananta.files.wordpress.com

Swiping Gabungan. Biasa yang kita sebut razia gabungan, dimana bukan hanya satu atau dua anggota polisi satlantas, melainkan bisa lebih dari 10 personilnya. Pagi tadi, minggu (22-02-2015) saat saya melintasi jl. Kalimalang Jakarta Timur, terlihat dari jauh seperti ada keramaian, ternyata sedang ada segerombolan polisi yang sedang bertugas.

Puluhan pengendara motor di stop sama petugas satlantas, dengan santai dan pelan saya sedikit demi sedikit melewati satu demi satu petugas yang sedang berdiri tegap memberhentikan pengendara. Dan alhamdullah semuanya lewat. Hehehehe.

Sahabat, mau tau nggak kenapa bisa lewati semua petugas? ...
Resepnya ya kelengkapan motor harus lengkap plus surat-surat kendaraan san SIM (Surat Izin Mengemudi), hehehe.

Eh, tapi bener loh. Buat kita yang sering lupa tidak bawa surat-surat kendaraan atau belum punya SIM, soalnya polisi tidak mau tahu apa alasan kenapa gak bawa atau apalah apalah gitu, kalau sudah ditilang ya tetap tilang (ini tidak berlaku buat polisi sogokan). Lantas gimana coba kalau kita lupa atau memang belum punya SIM?.

Begini, dulu saya pernah ketilang padahal urusan saya itu ya mau buat SIM, tapi tetap aja ditilang, huh ... hehehe. Nah, pada saat itu sementara petugas menuliskan surat tilang, sempat saya mengajukan satu pertanyaan.

Me : Pak Polisi kok cuma saya yang di berhentikan, padahal banyak tuh pegendara lain yang di depan dan belakang saya tidak di stop. Apa bapak tau kalau saya tidak membawa kelengkapan kendaraan?

Police : Yah, saya tahu dari gerak-gerik anda bawa motor, saya tahu dari cara pandang anda saat berkendara dari jarak jauh, makanya saya berehentikan anda, sedangkan yang dibelang dan depan anda tidak saya stop.

Jleb .... Dalam hati (ah, tahu aja nih pak polisi, hahahaha). Dari kejadian itu saya sedikit menyimpulkan :

1. Jika memang kia dalam kondisi yang demikian, usahakan jangan gugup dan tetap fokus pndangan mata kita, tetap tenang dan jangan menghindar dari keramaian atau penglihatan petugas (jika tidak ada jalan pintas). Karena ada banyak pengendara yang lengkap tapi tetap saja di berhentikan, mengapa demekian?. Karena body language nya tidak meyakinkan, Tapi banyak juga pengendara yang tidak lengkap tapi lolos (survei pribadi) hehehe.

2. Jika terlanjur di stop, tetaplah bersikap tenang jangan ngeles terus, kalau memang kita tidak lengkap dan salah yah terima saja, supaya tidak semakin panjang dan ribet perkara.

3. Pakai sarung, peci dan baju koko, dijamin tidak di tilang, hehehe ini pernah saya liat di daerah cikokol tangerang banten, pengendara motor yang demikian itu sempat di stop tapi langsung disilahkan jalan lagi.

Itu aja yah sedikit tips dari pengalaman saya, semoga bermanfaat. Dan tetap budayakan berlalulintas yang baik dengan mengutamakan keselamatan ( baca : Kepergian Sang Buah Hati Untuk Selamanya )

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

55 comments

Write comments
February 23, 2015 delete

peci, sarung dan koko kayak lebih ampuh aman dari tilang ya...

saya juga sering nggak dicek saat razia, hanya karena tampilan... :)

Reply
avatar
February 23, 2015 delete

karna menyetop orang yang mau pengajian itu takut dosa, jadi polisi ga hentikan orang yg pakai sarung,peci,baju koko :D

Reply
avatar
February 23, 2015 delete

ini fiu, pak polisi jam terbangnya udah tinggi jadi tau mana yang gak bawa surat2 mana yang bawa surat tanpa harus di suruh stop.

Reply
avatar
February 23, 2015 delete

soalnya yang mengurus surat-surat dari surat kendaraan sampai surat cinta ya mas Fiu orangnya, makanya gak heran kalau beliau tahu benar mana orang-orang yang tidak meiliki atau belum membuat surat itu.
hehe..!!

Reply
avatar
February 23, 2015 delete

selain bertugan sebagai pengaman dan mengayomi masyarakat, ternyata POLISI juga punya naluri yang tinggi ya, bisa menebak seseorang yang benar dan tepat kalau tidak bawa motor, eh..surat-surat motor maksud devy, hehe..!!

Reply
avatar
February 23, 2015 delete

yang salah akan merasa serbasalah...mudah saja dikesan heh..heh..

Reply
avatar
February 23, 2015 delete

hehehehe, brrti tampilannya mas wong meyakinkan ... :)

Reply
avatar
February 23, 2015 delete

bner juga sih gan ,,, org mw mau ngaji masa di stop ...hehe

Reply
avatar
February 23, 2015 delete

che@ iya bner .... pas sy tanya pak polisinya juga bilang gtu, udah tahunan jadi hafal gerak geriknya ...jehehe

devy@ hehehehe, ah devy bisa aja ,,,, devy mw dibuatin surat yg mana nih ? :D

Reply
avatar
February 23, 2015 delete

klo devy pernah ketilang gak ? :)

Reply
avatar
February 23, 2015 delete

yupz ,,, mudah dan simple jika kita akui keslhan ... :)

Reply
avatar
February 23, 2015 delete

jika tertangkap tangan oleh swiping gabungan biasanya sulit bagi kita untuk berdamai dan menyuap nyuap petugas, untuk dapat selamat dari swiping gabungan ini hanya satu cara, lapor dan minta bantuan pada abang saya yang pangkatnya Brigjen...pasti selamat....yakin

Reply
avatar
Anonymous
February 23, 2015 delete

dulu saya pernah juga kena tilang...saya bilang aja buru-buru mau kerumah sakit nengok orang sakit. akhirnya disuruh lanjut terus, padahal tuh rumah teman saya disebelah rumah sakit. sekalian aja lewat sana buat lihat-lihat orang sakit...intinya kan lihat orang sakit ya gan?
oh ya rajia gabungan kadang dari berbagai penegak hukum negara, seperti polisi, tentara, dan lain sebagainya. dulu pernah juga salah kasih sim, saya malah kasih ktp. tapi tuh polisi ketawa aja. oh deh katanya lanjut. mungkin karena dia lihat muka saya lucu dan imut kali ya...heeee

Reply
avatar
February 23, 2015 delete

Alhamdullilah sudah 5x lebih saya lolos dari razia kang walau saya gak bawa perlengkapan motor, pas lewat petugas saya nyantei aja gak ngebut dan alhamdullilahh gak di berhentikan :v mungkin bener tuhh kata mas fiu jangan gugup ketika ada rajia karena biasanya yang kena itu yang gugup dan mencurigakan :v

akan tetapi kalo masih ada jalan pintas seringnya saya muter arah mas hahahaa

Reply
avatar
February 23, 2015 delete

njirr modusnya kerenn bisa dicoba nih :v

Reply
avatar
February 23, 2015 delete

Lain kali kalau dihentikan polisi, sebut namaku 10 kali mas.....saya jamin gak bakal ditilang tetapi....
...
...
...
.

Langsung di dipanggilkan psikiater...:)

Reply
avatar
February 23, 2015 delete

Insya Allah dan mudah-mudahan jangan mas, dan belum pernah, karena memang gak pakai motor sih, hehe..!!

Reply
avatar
February 24, 2015 delete

Hahah.. Iya, feeling polisi emang kuat banget :P

Reply
avatar
February 24, 2015 delete

hahaha dari gerak-geriknya aja udah terlihat ya mas fiu,jadi harus tetap santai dan fokus biar gak kena tilang :)

Reply
avatar
February 24, 2015 delete

hehe,iya lah mas.ga boleh itu..

Reply
avatar
February 24, 2015 delete

wah ini belajar mengelabui polisi mas.
tp memang kalau pakai kopyah sama sarung bebas tilang soalnya dianggap mau pengajian

Reply
avatar
February 24, 2015 delete

mas wong razia kendaraan pasti lolos, kalau razia lain mesti perlu dilengkapi tuh hihi..

Reply
avatar
February 24, 2015 delete

kalau begitu mas fiu kayaknya mau nilang tuh dev.. hihi

Reply
avatar
February 24, 2015 delete

alhamdulillah walau tak punya sim, aku belum pernah kena tilang,

Reply
avatar
February 24, 2015 delete

razia lain yg kek gmn tuh ? hehe

Reply
avatar
February 24, 2015 delete

bisa bahaya yah mas klo di stop ,,,hhwhw

Reply
avatar
February 24, 2015 delete

devy pakainya mobil pribadi yah ? hehehe

mb tika @ kok tw sih klo sy mw nilang devy ,,,,hehehhe :P

Reply
avatar
February 24, 2015 delete

hehehehe, berap nomor tlpnya mg lembu ...boleh lah sy ikut minta bantuan jg ... :D

Reply
avatar
February 24, 2015 delete

hahahahahaha, iyessss .... triknya mbah bisa di jiplak nih ,,,, :D

Reply
avatar
February 24, 2015 delete

iya intinya jgn gugup, klo dh terlnjur gugup puter balik aja .,..hehe

Reply
avatar
February 24, 2015 delete

hahahaha, boleh lah boleh .... :D

Reply
avatar
February 24, 2015 delete

kuat sangat beb, hehehe .... :D

Reply
avatar
February 24, 2015 delete

iya nyante aja ,,,, klo lg lewatin polisi ,,,hehe

Reply
avatar
February 24, 2015 delete

klo pake kupluknya mas yan lolos gak yah kira2 ...hehe

Reply
avatar
February 24, 2015 delete

sini sy tilang mb tika juga ,,, :)

Reply
avatar
February 24, 2015 delete

loh kalo pake peci berarti nggak pake helm...kok nggak ditahan..bukankah itu melanggar UU Lalulintas......,
keep happy blogging always...maaf baru bisa mampir ke sini, salam dari Makassar :-)

Reply
avatar
February 24, 2015 delete

kalau saya jangan ditilangin mas, talangin bayar aja yah hehe..

Reply
avatar
February 24, 2015 delete

peci haji itu lebih mahal lho, pakenya harus ke arab dulu hehe

Reply
avatar
February 24, 2015 delete

Hahahaha ini memang benar benar juga pernah saya alami mas Fiu. Ada razia di kota Pontianak tepatnya di kawasan Jalah Ahmad Yani. Secara kebetulan surat surat saya memang lengkap semuanya. SIM, STNK ada. SPION aseli dari dealer. Begitu motor saya diberhentikan pak Polisi Razia, saya pun berhenti. Begitu tangan saya mau mengeluarkan SIM dan STNK Eh langsug di suruh pergi. Hahhahahaa. Penampilan saya PEDE karena surat lengkap. Mau dikeluarkan eh malah disuruh lewat aja Hahhahaa

Reply
avatar
February 24, 2015 delete

emang bener mas, dari gerak gerik kita polis bisa menebak saya juga pernah mengalami tidak bawa surat komplit asalkan kita tenang pasti kita lolos :)

Reply
avatar
February 25, 2015 delete

razia orang keren
saya ikut nggak ya

Reply
avatar
February 25, 2015 delete

jadi mas Yanto yang pake kupluk, masih perlu pake sarung dong ya biar makin aman

Reply
avatar
February 25, 2015 delete

razia org keren mas zack gak bakal kena deh kek nya ....hehehe :P

Reply
avatar
February 25, 2015 delete

bayarin es doger yah ,,,hehe

Reply
avatar
February 25, 2015 delete

ehehehe, iya sih itu ttp aja melangga UU LL .... tapi nyatanya sy sering litan itu gmn mas hary.... :D

mb tika@ haaaaaaaaaaaaaaaaa? masa pakenya hrus ke arab dulu ? hehe

Reply
avatar
February 25, 2015 delete

kg asep ...@ wah .... tuh kn bner ,,, pkokny asal penmpilan oke ... kmngkinn bsar bsa lolos ,,hehe

mas zach@ asal jngn di setrap aja yah ...hehe :P

Reply
avatar
February 25, 2015 delete

kyak mas zach yg sllu cool dan pool ...hehehe :D

Reply
avatar
February 25, 2015 delete

iya mash prlu mas zach .... tpi klo sy sih liat kupluknya mas yan lbh manjur lg wlo tnpa pake sarung /....hehe

Reply
avatar
February 25, 2015 delete

Swiping mah enaknya pas lagi ama gebetan biar masuk kantor polisi berduaan...

Reply
avatar
February 25, 2015 delete

hahahahah, ini sih mwnya anak2 muda kek sy tuh .,... :D

Reply
avatar
February 25, 2015 delete

Biasanya sih, dalam suasana seperti swiping gabungan yang benar, semua kendaraan harus di stop dan diperiksa kelengkapannya, namun misi yang sebenarnya itu yang harus di jalankan. Yang tahu mah para petugasnya. Tapi pada kenyataan di lapangan kenapa swiping gabungan baru dilakukan setelah kejadian ? Terkadang Surat Perintah nya berisi apa yang di lakukannya apa di lapangan. Walau pun masyarakat berhak mempertanyakan surat tugas petugas yang melakukan pemeriksaan di lapangan, namun hal ini jarang sekali di lakukan oleh masyarakat dengan alasan sudah takut duluan. Kalau keadaan surat-surat komplit, kenapa harus takut kan ? Tanyakan saja langsung kepada petugas yang bersangkutan. Karena sekarang ini banyak juga oknum petugas gadungan yang mengakal-ngakali keadaan. Kalau sudah begini, jeruk makan jeruk dong.... he,, he, he,,,

Reply
avatar
February 25, 2015 delete

kabarnya kalau ustadz atau pakaian muslim lengkap agak di permudah ya mas, saya juga pernah begitu :D

Reply
avatar
April 06, 2015 delete

jadi intinya klo ada swiping/razia jangan sampai keliatan panik

Reply
avatar