Maaf dan Memaafkan

10:29
palembang.tribunnews.com
 
 
الذين ينفقون في السراء والضراء والكظمين الغيظ والعافين عن الناس ،والله يحب المحسنين

Yaitu orang-orang yang menafkahkan hartanya, baik di waktu luwang ataupun sempit dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan. (Qs. Al-Imran : 134)
 
Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan kepada Allah ataupun selain Allah. Jika kita punya kesalahan (dosa) kepada Allah, maka kita harus memohon ampunanNya. dan jika kita punya kesalahan kepada selain Allah (manusia) maka kita harus meminta maaf kepada orang tersebut.  Al Rahman dan Al Rahim 
 
Meminta maaf kepada seseorang ketika telah berbuat kesalahan adalah keharusan (wajib), tapi tidak untuk si pemberi maaf. Si pemberi maaf boleh saja tidak memaafkannya, tetapi akan lebih baik jika memaafkannya. Bahkan memaafkan dengan persyaratan pun itu dibolehkan, asal sewajarnya saja.  
 
Ada satu kisah seorang 'alim yang rela berjaga pohon delima selama 3 tahun yang ada dibantaran sungai, hanya karena ia telah tidak sengaja menemukan sebuah delima yang hanyut terbawa arus sungai. Saat itu hari sudah masuk waktu buka puasa, sedangkan tidak punya uang atau makanan yang ia punya. Maka dimakanlah buah delima tersebut.
 
Baru satu kali gigitan iapun teringat "Astaghfirullah, ini kan bukan apel milik saya, kenapa saya makan. Kalau saja si pemilik tidak ikhlas, nanti saya bisa masuk neraka". Setelah bertemu dengan pemiliknya ia tidak begitu saja di maafkan, melainkan harus melakukan beberapa syarat yang ia ajukan.
 
Manusia memang tidak akan luput dari kesalahan, tapi akan lebih baik jika kita selalu berhati-hati dalam bertindak, kepada siapapun kita berbuat kesalahan, walaupun kepada ahli neraka sekalipun akan lebih baik kita saling menghormati dan karena itu semua dapat mengahambat kita kelak di hari pembalasan.
 
Wallahu a'lam bisshowab... 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

6 comments

Write comments
September 05, 2014 delete

Allah saja maha pemaaf, apagi kita???

Salam dari Pulao Doller

Reply
avatar
September 05, 2014 delete

saling memaafkan itu memang perlu ya mas, apalagi kalau kita orangnya pemaaf, itu lebih bagus, benarkan?

Reply
avatar
September 08, 2014 delete

mas fiu,,maafkan aku ya,,,udan metet hidungnya mas fiu,,, :) jangan marah ya mas,,ntr kalo marah tak petet lgi,,,hehehehe

Reply
avatar
September 08, 2014 delete

betul pak ibrahim ....... :)

Reply
avatar
September 08, 2014 delete

yah udah minta maaf kok mau metet lg .... bahahahahahahah :P

Reply
avatar