Lidah Jawa Makan Kapurung

10:42

Mumpung lagi seneng cerita, kali ini saya ambil pengalaman saat hidup ditanah sulawesi tepatnya di desa baturube-bungku utara-morowali-sulawesi tengah.

Dulu .... tapi lupa tahun berapa kegitan tersebut, Usai melaksanakan Ujian Semester, Selain ujian tertulis tentu ada ujian prakteknya, nah ... ada satu kelompok yang mengajukan untuk membuat makanan khas luwuk "Kapurung". Keduanya terbuat dari bahan dasar sagu.

Dari nama yang baru saya denger, timbul penasaran ingin mencoba. Setelah semuanya tersaji dan dinilai oleh guru pembimbingnya, lalu saya dan teman-teman guru lainnya mencicipi hasil dari masakan siswanya. Kata salah seorang guru pribuminya kalau makan kapurung jangan dikunyah langsung telan saja. Waduh ... orang makan kok nggak di kunyah, bagaimana jadinya... hehe.

 kompasiana.com

Pas lihat penampakan kapurung, pantas nggak perlu di kunyah buat ngambil kapurungnya saja harus di gulung-gulung dengan sumpit atau alat-alat lainnya. Biar dikunya sampe ratusan kali juga tetap tidak akan hancur tuh makanan :D. Kata orang pribumi kapurung tuh enak apalagi kalau di campu dengan sayuran atau masakan ikan atau daging sebagai pelengkap.

Tapi tetap saja namanya lidah orang jawa, biar kata orang pribumi enak, lidah saya berkata tidak enak dan tidak cocok :D. Akhirnya teman lainya sudah habis dua porsi, saya boro-boro abis sekali ambil saja nggak habis, karena cuma sayur dan ikannya saja yang saya makan. hehehe.

Happy Blogging :)
Salam Sukses Mulia.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

18 comments

Write comments
July 17, 2014 delete

Makanan kapurung kalau di makan pakai sayuran ikan enak tuh sob ? jadi ingat di mana ya ? ha,, ha,, ha,, :D

Salam

Reply
avatar
July 17, 2014 delete

iya ... tapi lidahnya gak cucok ... makanya wktu itu sy cuma makan sayuran + ikan nya saja ....hehehe

Reply
avatar
July 17, 2014 delete

Hihihi.. Kayak jelly permen gituh :P

Reply
avatar
July 17, 2014 delete

sepertinya kenyal ya

Reply
avatar
July 17, 2014 delete

saya belum pernah nih makan yang ginian lihat saja baru sekarang sepertinya enak :)

Reply
avatar
July 18, 2014 delete

pilih2 makan ni ya...tapi selera kita berbedabeda kan...

Reply
avatar
July 18, 2014 delete

hhehehe, lebih dari kya jelly malah beb, jelly dikunya mash bisa ... ini kunya susah sangat beb,,,,, :D

Reply
avatar
July 18, 2014 delete

emg iya kenyal gan ,,,hehe

Reply
avatar
July 18, 2014 delete

ayo berburu makan cem itu gan ... sp thu cocok ama agan ,,,hehe

Reply
avatar
July 18, 2014 delete

hehe iya selera kita berbeda ,,,,gehehehehe :D

Reply
avatar
July 18, 2014 delete

saya belum pernah makan kapurung mas, jadi penasaran nih saya, kapan ya saya bisa ke sulawesi, apamakanan itu hanya terdapat di Sulawesi tengah saja mas?

Reply
avatar
July 18, 2014 delete

di jogja klo nggak salah ada juga yg sering buat kapurung mang yono ... :) atau didaerah ponorogo dan semarang juga banyak orang yg dulunya tinggal di sulawesi ...

Reply
avatar
July 19, 2014 delete

Aku malah baru tahu lho ada Kapurung ini, kebayang alot ya dimakan hihihi

Reply
avatar
July 19, 2014 delete

hehehehe, alot sh nggak mbak .... tpi kaya kenyal licin gtu mb ...hehe

Reply
avatar
July 19, 2014 delete

loh,,,pernah hidup di Sulawesi mas,,,baru tahu,,,hihihi,,,aku seumur-umur belum pernah makan makanan yg digulung itu,,,pengen nyobain juga mas,,,

Reply
avatar
July 19, 2014 delete

dih mba dwi bru tw yah .... kn sy dah pernah tulis ttg kehidupan di sulawesi ,,,hehehehe....

ayo kesulawesi mba ntr temen sy disana suruh buatin kapurung ... :)

Reply
avatar
July 19, 2014 delete

Langsung telen apa ngga keselek yak :P

Reply
avatar
July 19, 2014 delete

nggK keselek kok beb, .. hehehe jdi masukin mulut langsung telen ,,, :D

Reply
avatar